Kursus Bisnis Kuliner Praktis

Sejarah Martabak


















Sejarah Martabak Orion Bandung ini tergolong unik. Didirikan karena diawali dari hobby makan martabak.

Setiap pulang kerja, istri dan anak selalu meminta oleh-oleh makanan, dan salah satu makanan favoritnya adalah martabak. Karena begitu sering dikasih oleh-oleh martabak dan memang menyukainya kenapa ndak mencoba bikin martabak sendiri. Pertama, bisa belajar bikin aneka martabak, kedua, bisa buka lapangan kerja.

Namun demikian, keinginan itu mengendap cukup lama, sampai suatu saat saya buka situs social media dan ada orang yang mau jual gerobak martabak dan resepnya komplit di Geger Kalong Bandung Utara.

Langsung saja iklan itu memunculkan ide spontan untuk mengakuisisi gerobak tersebut, dan benar, malam hari berikutnya saya dan istri langsung ke tempat penjual gerobak dan akhirnya deal. Harga yang disepakati pada tahun 2010 itu adalah 4.750.000. Deal.

Setelah pembayaran, maka gerobak langsung diantar ke rumah, dan beberapa hari kemudian kita praktek bikin martabak diajar langsung pemilik gerobak. Sempat saya tanyakan kenapa gerobak dijual, ternyata pekerjanya kurang jujur, sehingga memilih dilikuidasi gerobaknya.

Setelah praktek, cukup lama gerobak tak berfungsi, maklum mencari tenaga kerja cukup sulit apalagi saya dan istri harus focus pada usaha yang saat ini jalan dan membutuhkan perhatian. Kondisi gerobak nganggur itu berlangsung kurang lebih setahun sampai muncul ide membuat iklan dipikiran rakyat untuk membuka lowongan tukang martabak.

Akhirnya iklan diluncurkan, dan banyak respon, namun rata-rata belum punya pengalaman jualan martabak. Saya sempat pesimis juga..

Namun akhirnya kita dapatkan pengelola martabak dan dengan segenap kemampuan di launchinglah Martabak Orion.

Kenapa dinamai Martabak Orion, salah satunya adalah karena kita pengin seperti bintang Orion yang bersinar dan dijuluki sebagai bintang pemburu. Harapannya, martabak Orion nantinya menjadi pemburu rasa dan tersebar diberbagai penjuru.

Tepat tanggal 14 Oktober 2012 hari Minggu, Martabak Orion resmi berdiri di Outlet Alfamart Ciporeat Ujung Berung.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kami harapkan dapat membuka gerai sampai 15 gerai di kota Bandung Raya.

Kepada pelanggan setia, selamat menikmati Martabak Manis dan Martabak Telur khas Bandung dari Martabak Orion.

Salam Martabak,

Bisnis Kuliner Academy